Senin, 04 Juni 2012

Makanan Khas Purworejo
Berikut ini adalah daftar makanan yang khas dan asli berasal dari purworejo:
1.Dawet Hitam
sejenis cendol yang berwarna hitam, sangat digemari pemudik dari Jakarta dan juga masyarakat Jawa. Penjual dawet hitam yang asli ada di timur jembatan Butuh.
2. Caranggesing
caranggesing adalah makanan seperti kolak namun cara memasaknya , kolak santan mentah dan buah pisang diiris-iris disatukan ditum (bungkus daun per porsi) kemudian di kukus seperti kukus pepes , setelah masak diangkat , makannya denggan membuka daunnya dan didalamnya kolak namun dikukus dengan alat kukus nasi. Harum baunya karena daun pandannya beraroma wangi.
3.Nasi Megono
Nasi megono adalah nasi urap yang dicampur dengan kelapa muda serta sayur-sayuran kuluban, menu ini dahulu sebagai kelengkapan sesaji saat akan Wiwit, memulai memanen padi , dengan upacara adapt secara kecil.
4. Geblek
makanan yang terbuat dari tepung singkong yang dibentuk seperti cincin, digoreng gurih biasa disajikan panas dengan bumbu pecel.
5. Rengginang
gorengan makanan yang terbuat dari ketan yang dimasak dijemur kemudian digoreng, berbentuk bulat, gepeng.
6. Lanting
makanan ini bahan dan bentuknya hampir sama dengan geblek, hanya saja ukurannya lebih kecil. Setelah digoreng lanting terasa lebih keras daripada geblek. Namun tetap terasa gurih dan renyah.
7. Kupat Tahu
sebuah masakan yang berbahan dasar tahu dengan bumbu pedas yang terbuat dari gula jawa cair dan sayuran seperti kol dan kecambah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar